Perbandingan Smartphone Dengan Chipset Mediatek atau Snapdragon, Mana Yang Lebih Baik ?

Perbandingan qualcomm snapdragon dengan mediatek lebih bagus mana


Dewasa ini pengguna smartphone semakin pintar dalam memilih dan menentukan pilihan mana spesifikasi smartphone yang mereka butuhkan, tidak hanya sekedar ukuran layar ataupun kejernihan kamera saja.

Para pengguna smartphone-pun mulai teliti hingga memperhatikan antar chipset smartphone,dan sejauh ini ada dua chipset smartphone yang menjadi favorit para pengguna smartphone, dan memiliki persaingan sengit demi memanjakan para pengguna smartphone khususnya android.

Ya benar, bila dalam dunia PC/laptop ada persaingan antara Intel dan AMD, maka dalam smartphone android ada persaingan antara Mediatek dan Snapdragon.

Lalu apa saja perbedaan anatara Mediatek dan Snapdragon ? Mana yang lebih baik ?

A. PERKENALAN PRODUSEN MEDIATEK dan QUALCOMM SNAPDRAGON


Sebenarnya ada 5 chipset smartphone yaitu, Mediatek, Snapdragon, Exynos, Intel Atom dan NVIDIA, namun dari ke-5 chipset tersebut hanya dua yang menjadi chipset favorit baik bagi produsen maupun konsumen,yaitu Mediatek dan Snapdragon.

1. Mediatek
Mediatek atau yang lebih sering di singkat MTK, adalah chipset prosesor smartphone asal Taiwan, banyak yang merendahkan prosesor Mediatek ini hanya karna buatan asal Taiwan.

Padahal rivalnya si Qualcomm walau perusahaan-nya asal Amerika, namun mereka membuat chipset Qualcomm mereka dari produsen asal Taiwan juga yaitu TSMC.

Jadi bagi yang merendahkan Mediatek hanya karna diproduksi di taiwan maka menurut saya mereka hanya newbie yang tidak tahu bahwa sebenarnya Qualcomm-pun diproduksi oleh produsen asal Taiwan.
2. Qualcomm

Qualcomm sendiri sering mendapat perhatian yang lebih hanya karna memiliki perusahaan induk dari Amerika, namun tanpa kebanyakan orang tahu bahwa mereka sebenarnya menggunakan produsen asal Taiwan.

Namun walau begitu Qualcomm memang tidak dapat di remehkan kualitasnya , para pengguna smartphone meyakini bahwa kualitas Qualcomm lebih unggul daripada Mediatek, mulai dari performa maupun kelebihan lainnya.

B. KELEBIHAN dan KEKURANGAN


1. Performa GPU ( Graphical Processing Unit)
Mediatek sendiri memiliki kelebihan GPU yang memakan RAM lebih sedikit dibandingkan Qualcomm.

Namun untuk urusan grafis Qualcomm memiliki hasil render yang lebih bagus walau harus menghabiskan kapasitas RAM lebih banyak.
Secara performa Qualcomm lebih cocok untuk mengolah dan menghasilkan grafis yang lebih bagus, meski dalam prosesnya harus menghabiskan RAM lebih banyak.

Maka untuk urusan GPU Qualcomm memang lebih unggul dari Mediatek.
2. Virtual RAM / VRAM
Seperti yang kita ketahui bahwa kelebihan Mediatek adalah lebih sedikit-nya RAM yang digunakan dibandingkan Qualcomm, hal itu dikarnakan adanya fitur VRAM / dedicated RAM dari si Mediatek sendiri, sehingga saat pemrosesan grafis, Mediatek hanya akan menghabiskan sedikit RAM asli dari smartphone karna sudah memiliki RAM bawaan-nya sendiri.

Sedangkan untuk Qualcomm, walau dapat menghasilkan kemampuan grafis yang bagus namun tidak memiliki VRAM bawaan.

Sehingga dalam pemrosesan grafis Qualcomm lebih banyak menghabiskan RAM asli dari Smartphone.
Maka untuk pengggunaan RAM maka Mediatek lebih unggul dengan RAM bawaannya dan lebih sedikitnya RAM smartphone yang digunakan.
3. Secara Prosesor
a. Source Kode
Secara source kode Qualcomm dengan snapdragon-nya lebih unggul daripada Mediatek,dan memang diakui oleh banyak pengguna smartphone.

Itu semua karna Source kode dari Qualcom snapdragon lebih mudah untuk dioptimalkan karna sifatnya yang open source.

Untuk segmen source kode Qualcomm lebih unggul karna sifatnya yang open source dan mudah di optimalkan.

b. Variasi Produk
Dengan semakin sengitnya persaingan tentu saja semakin banyak pula perkembangan yang di lakukan oleh kedua produsen tersebut.

Dan seperti sebuah pemberian nama, melahirkan banyak tipe berbeda dengan kelebihan berbeda membuat produsen harus membuat variasi produk yang berbeda.
Khususnya mediatek yang mengembangkan prosesornya dengan terus meningkatkan jumlah core-nya, dengan jumlah core banyak tentu akan lebih memudahkan dalam pemrosesan dan lebih ringan.

Namun banyaknya core-pun memiliki dampak yaitu banyaknya daya yang harus termakan, sehingga membuat konsumsi baterai smartphone menjadi lebih boros.
Berbanding dengan Qualcomm , qualcomm lebih fokus dalam meningkatkan performa dan kemampuannya tanpa harus menambah jumlah core.

Sehingga penggunaan Qualcom akan lebih sedikit memakan daya baterai smartphone, yang tentunya akan membuat baterai smartphone anda menjadi lebih awet.
Jadi, secara variasi produk mungkin Mediatek memiliki lebih banyak type dan kapasitas core yang lebih banyak.

Namun untuk urusan performa Qualcomm lebih unggul, karna terus mengembangkan performa tanpa harus menambah jumlah core yang membuat konsumsi daya baterai jadi lebih hemat.
4. Kemampuan mengolah foto dan video

Seperti kita ketahui Qualcomm diciptakan dengan kemampuan mengolah grafis yang lebih bagus, performa yang lebih baik namun harus menghabiskan kapasitas RAM lebih banyak ,walaupun begitu Qualcomm memiliki konsumsi daya baterai yang lebih sedikit.

Sedangkan untuk mediatek sendiri kurang cocok untuk kemampuan mengolah grafis yang bagus, selain itu mediatek lebih boros mengkonsumsi daya baterai dikarnakan banyaknya core yang dimilik8.
Selain itu Mediatek kurang memiliki perkembangan yang berarti,berbeda dengan Qualcomm yang dalam setiap perkembangannya selalu menghadirkan fitur baru, atau fitur yang belum ada pada chipset lainnya sudah lebih dulu dimiliki oleh Qualcomm, contohnya fitur yang mendukung jaringan 4G LTE,kemampuan sensor kamera yang lebih besar untuk recording video dll.

Jadi secara garis besar bila ingin memiliki kualitas grafis baik dari smartphone itu sendiri maupun dalam hal foto dan video maka smartphone dengan chipset Qualcomm adalah pilihan yang sangat cocok.

Namun untuk penggunaan yang standar dan tidak terlalu banyak memakan kapasitas RAM maka smartphone dengan chipset Mediatek adalah pilihan yang terbaik.

C. PERBANDINGAN HARGA dan KUALITAS


Secara perbandingan harga antara Qualcomm dengan Mediatek memiliki perbandingan tidak terlalu jauh,oleh karna itu Mediatek memeiliki harga yang jauh lebih murah, selain fitur yang cukup mumpuni harga yang lebih murah tersebut membuat chipset Mediatek menjadi juaranya dalam segmen smartphone low-end.

Peforma yang mumpunin dengan level harga yang murah membuat produsen bisa merakit smartphone low-end tanpa harus mengorbankan kualitas dan performa.

Sedangkan Qualcomm sendiri walau harganya sedikit lebh mahal,namun performanya tdak diragukan lagi untuk digunakan pada smartphone kelas high-end.

Performa yang lebih bisa menunjang smartphone dengan spesifikasi dan fitur tinggilah yang membuat Qualcomm lebih banyak digunakan pada smartphone High-end .

D. KESIMPULAN


Jika anda mencari smartphone kelas low-end namun memiliki harga yang murah dan penggunaan RAM lebih sedikit maka smartphone dengan chipset mediatek lah yang cocok, namun demi menangani penggunaan daya baterai yang banyak maka membutuhkan smartphone dengan kapasitas baterai yang lebih besar.

Tapi bila yang anda inginkan adalah smartphone dengan kemampuan grafis yang bagus, fitur fitur yang lebih baik, dan baterai yang hemat maka smartphone dengan chipset Qualcomm adalah pilihan yang terbaik. Namun untuk menangani konsumsi RAM yang banyak maka anda harus mencari smartphone dengan kapasitas yang besar.
Jadi? Sudah tahukah mana yang akan anda pilih?

Penulis Tamu : Dirga Wardana

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel